Pembatik Level
2 |
Lembar Perencanaan |
|||
Nama Peserta |
NURIYANA EKA ARSANTI, S.Pd |
|||
Hari/Tanggal |
SELASA, 27 AGUSTUS 2024 |
|||
Instansi |
SMP NEGERI 03 KABUPATEN TEBO |
|||
Jenjang |
SMP |
|||
Mata Pelajaran |
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) |
|||
Tujuan Pembelajaran |
PESERTA DIDIK DAPAT MENGETAHUI JENIS- JENIS FLORA YANG ADA DI CAGAR ALAM BULUH HITAM
TEBO |
|||
Model Pembelajaran |
PROBLEM BASED LEARNING |
|||
Rencana Pembelajaran |
||||
1. Sintaks Model
Pembelajaran (Tuliskan tahapan pembelajaran
yang akan dilaksanakan sesuai langkah model
pembelajaran yang dipilih) |
||||
|
Kegiatan Pendahuluan |
|
||
·
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam,
dan berdoa ·
Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik ·
Guru menyapa peserta
didik dan memberikan motivasi kepada peserta
didik. ·
Guru memberikan ice breaking. ·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. |
||||
Kegiatan Inti |
||||
Sebelum kegiatan pembelajaran
dimulai. Guru menjelaskan kepada peserta didik peraturan sebelum memulai pembelajaran, seperti cara
menyimak (misalnya peserta didik tidak boleh berbicara dengan teman lain
selama guru menjelaskan, peserta didik
tidak boleh makan saat jam pelajaran berlangsung, peserta didik tidak boleh mengganggu peserta didik lain, dan
peserta didik boleh berkomentar atau bertanya saat proses menyimak gambar atau kegiatan lainnya).
Langkah 1. Orientasi peserta didik pada situasi masalah
·
Guru menunjukkan gambar yang tentang macam-macam tumbuhan. ·
Guru memberikan pertanyaan. Misalnya: Jenis
tumbuhan apa yang
sering kamu jumpai
di sekitar rumahmu? |
||||
|
Langkah 2. Mengorganisasi peserta didik untuk
belajar
·
Guru menginstruksikan peserta didik untuk
membaca mengenai keanekaragaman flora di cagar
alam buluh hitam
tebo melalui media
pembelajaran yang telah
disiapkan. ·
Peserta didik
menuliskan hasil temuan mereka mengenai keanekaragaman flora di cagar
alam buluh hitam
tebo pada buku tulisnya.
Langkah 3. Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
·
Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok kecil (5 kelompok) ·
Guru
membimbing peserta didik merangkum hasil temuan mereka secara berkelompok
Catatan:
·
Mintalah
peserta didik untuk bersama-sama menemukan keanekaragaman flora di cagar
alam buluh hitam tebo, ·
Perhatikan kegiatan yang dilakukan terkait
kebenaran yang dilakukan peserta didik. Pastikan peserta didik melakukan kegiatan
sesuai dengan instruksi yang diberikan.
Guru dapat memberikan arahan "ingat perintah yang sudah bapak/ibu berikan tadi ya" Langkah 4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
·
Setiap kelompok mengembangkan hasil rangkuman temuan mereka (diskusi). ·
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
diskusi mereka di depan kelas. Langkah 5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
·
Masing-masing kelompok
menanggapi hasil kerja kelompok lain. ·
Guru memberikan penguatan dan mengevaluasi temuan masing-masing kelompok dalam memecahkan
masalah. |
|
Kegiatan Penutup |
||
·
Guru mengapresiasi hasil
kerja dan keaktifan peserta didik. ·
Peserta didik
diberikan kesempatan bertanya dan menambahkan informasi dari peserta
didik lainnya ·
Salah satu peserta didik diminta untuk
memimpin doa penutup ·
Pembelajaran diakhiri dengan
salam. |
||
|
2. Sumber Belajar Digital
(Sematkan sumber belajar digital yang Anda
manfaatkan dalam langkah
model pembelajaran yang dipilih) |
||
|
Sumber belajar digital yang saya
gunakan adalah aplikasi Adapto X dari ruangguru. Seperti yang kita
tahu, belakangan ini ruang guru telah menayangkan sebuah program edukasi Class of Champions yang sedang ramai di perbincangkan oleh semua kalangan. Class of Champions adalah acara edukasi yang dirancang untuk
mengidentifikasi dan mengapresiasi siswa-siswa berprestasi. Saya menggunakan
aplikasi Adapto X dari ruangguru untuk memberikan Ice Breaking kepada peserta didik agar lebih termotivasi dan semangat belajar. Adapto x ini memiliki 5 jenis permainan, AdaptoX Extreme Addition,
AdaptoX Number Chains, AdaptoX Cryptarithm War, AdaptoX The Invisible Maze, serta AdaptoX Number Blitz.
Saya memilih
AdaptoX Extreme Addition untuk
kegiatan ice breaking siswa. Aplikasi
Adapto X ini dapat diakses secara gratis melalui web ruangguru: https://app.ruangguru.com/ruangbelajar/v/adaptox-extreme-addition-subtopi- 59ejqqx3-hr-smp-kelas-8-kurikulum-merdeka Berikut merupakan tampilan Aplikasi Adapto
X Extreme Addition:
|
|
|
Untuk media pembejaran interaktif
berbasis
TIK.
Media
pembelajaran interaktif adalah alat atau sumber daya pendidikan
yang dirancang untuk
melibatkan siswa secara
aktif dalam proses
belajar. Media ini tidak hanya
menyajikan informasi, |
|
|
tetapi
juga memungkinkan siswa
untuk berinteraksi dengan
materi, melakukan latihan, dan menerima umpan balik secara
langsung. Canva adalah
platform desain grafis berbasis web
yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis materi visual dengan mudah dan cepat.
Pada pembelajaran kali ini saya membuat media pembelajaran PLH berbasis
Website melalui CANVA. Media pembelajaran tersebut dapat di akses melalui
link berikut: https://mediaplh-nuriyana.my.canva.site/
Berikut merupakan beberapa tampilan media
pembelajatan yang saya
buat:
|
|
Tidak ada komentar: