recent posts

banner image

Lembar Perencanaan Pembelajaran PembaTIK Level 2

  




 

 


 

Pembatik Level 2

Lembar Perencanaan

Nama Peserta

NURIYANA EKA ARSANTI, S.Pd

Hari/Tanggal

SELASA, 27 AGUSTUS 2024

Instansi

SMP NEGERI 03 KABUPATEN TEBO

Jenjang

SMP

Mata Pelajaran

PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)

 

Tujuan Pembelajaran

PESERTA DIDIK DAPAT MENGETAHUI JENIS- JENIS FLORA YANG ADA DI CAGAR ALAM

BULUH HITAM TEBO

Model Pembelajaran

PROBLEM BASED LEARNING

Rencana Pembelajaran

1. Sintaks Model Pembelajaran (Tuliskan tahapan pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai langkah model pembelajaran yang dipilih)

 

Kegiatan Pendahuluan

 

·          Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam, dan berdoa

·          Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik

·          Guru menyapa peserta didik dan memberikan motivasi kepada peserta didik.

·          Guru memberikan ice breaking.

·          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti

Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Guru menjelaskan kepada peserta didik peraturan sebelum memulai pembelajaran, seperti cara menyimak (misalnya peserta didik tidak boleh berbicara dengan teman lain selama guru menjelaskan, peserta didik tidak boleh makan saat jam pelajaran berlangsung, peserta didik tidak boleh mengganggu peserta didik lain, dan peserta didik boleh berkomentar atau bertanya saat proses menyimak gambar atau kegiatan lainnya).

 

Langkah 1. Orientasi peserta didik pada situasi masalah

 

·          Guru menunjukkan gambar yang tentang macam-macam tumbuhan.

·          Guru memberikan pertanyaan. Misalnya: Jenis tumbuhan apa yang sering kamu jumpai di sekitar rumahmu?


 

Langkah 2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar

 

·          Guru menginstruksikan peserta didik untuk membaca mengenai keanekaragaman flora di cagar alam buluh hitam tebo melalui media pembelajaran yang telah disiapkan.

·          Peserta didik menuliskan hasil temuan mereka mengenai keanekaragaman flora di cagar alam buluh hitam tebo pada buku tulisnya.

 

Langkah 3. Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok

 

·          Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok kecil (5 kelompok)

·          Guru membimbing peserta didik merangkum hasil temuan mereka secara berkelompok

 

Catatan:

 

·          Mintalah peserta didik untuk bersama-sama menemukan keanekaragaman flora di cagar alam buluh hitam tebo,

·          Perhatikan kegiatan yang dilakukan terkait kebenaran yang dilakukan peserta didik. Pastikan peserta didik melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi yang diberikan. Guru dapat memberikan arahan "ingat perintah yang sudah bapak/ibu berikan tadi ya"

Langkah 4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.

 

·          Setiap kelompok mengembangkan hasil rangkuman temuan mereka (diskusi).

·          Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.

Langkah 5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

 

·          Masing-masing kelompok menanggapi hasil kerja kelompok lain.

·          Guru memberikan penguatan dan mengevaluasi temuan masing-masing kelompok dalam memecahkan masalah.

 

Kegiatan Penutup

·          Guru mengapresiasi hasil kerja dan keaktifan peserta didik.

·          Peserta didik diberikan kesempatan bertanya dan menambahkan informasi dari peserta didik lainnya

·          Salah satu peserta didik diminta untuk memimpin doa penutup

·          Pembelajaran diakhiri dengan salam.

 


2. Sumber Belajar Digital (Sematkan sumber belajar digital yang Anda manfaatkan dalam

langkah model pembelajaran yang dipilih)

 

Sumber  belajar digital yang  saya gunakan  adalah aplikasi Adapto X dari

ruangguru. Seperti yang kita tahu, belakangan ini ruang guru telah menayangkan sebuah program edukasi Class of Champions yang sedang ramai di perbincangkan oleh semua kalangan. Class of Champions adalah acara edukasi yang dirancang untuk mengidentifikasi dan mengapresiasi siswa-siswa berprestasi. Saya menggunakan aplikasi Adapto X dari ruangguru untuk memberikan Ice Breaking kepada peserta didik agar lebih termotivasi dan semangat belajar. Adapto x ini memiliki 5 jenis permainan, AdaptoX Extreme Addition, AdaptoX Number Chains, AdaptoX Cryptarithm War, AdaptoX The Invisible Maze, serta AdaptoX Number Blitz. Saya memilih AdaptoX Extreme Addition untuk kegiatan ice breaking siswa. Aplikasi Adapto X       ini       dapat       diakses       secara       gratis       melalui       web       ruangguru:

https://app.ruangguru.com/ruangbelajar/v/adaptox-extreme-addition-subtopi- 59ejqqx3-hr-smp-kelas-8-kurikulum-merdeka

Berikut merupakan tampilan Aplikasi Adapto X Extreme Addition:

 

 


 

 


 


 

 


 

 


 

Untuk  media  pembejaran  interaktif  berbasis  TIK.  Media  pembelajaran

interaktif adalah alat atau sumber daya pendidikan yang dirancang untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Media ini tidak hanya menyajikan informasi,

 


 

tetapi juga memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan materi, melakukan latihan, dan menerima umpan balik secara langsung. Canva adalah platform desain grafis berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis materi visual dengan mudah dan cepat. Pada pembelajaran kali ini saya membuat media pembelajaran PLH berbasis Website melalui CANVA. Media pembelajaran tersebut dapat di akses melalui link berikut:

https://mediaplh-nuriyana.my.canva.site/

 

Berikut merupakan beberapa tampilan media pembelajatan yang saya buat:

 

 


 

 


 





 


Lembar Perencanaan Pembelajaran PembaTIK Level 2 Lembar Perencanaan Pembelajaran PembaTIK Level 2 Reviewed by Nuriyana Eka Arsanti on 10.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.