UNTUK MELIHAT SECARA LENGKAP VIDEO VLOG INOVASI PEMBELAJARAN PEMBATIK LEVEL 4 2024, MARI SAKSIKAN VIDEO BERIKUT INI:
PRAKTIK BAIK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) KELAS 8 DI SMP NEGERI 03 KABUPATEN TEBO
Materi: Bencana Alam dan Cara Mitigasinya
Kelas: 8A SMP Negeri 03 Kabupaten Tebo
Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)
Pendekatan: Pembelajaran Berdiferensiasi
Media: Multimedia Pembelajaran Interaktif
Tujuan Pembelajaran:
Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis bencana alam dan cara mitigasinya dengan benar.
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi:
- Guru membuka pembelajaran dengan bertanya kepada siswa tentang bencana alam yang pernah terjadi di sekitar mereka atau yang mereka lihat di berita.
b. Penyampaian Tujuan Pembelajaran:
- Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar mengenai jenis-jenis bencana alam dan langkah-langkah mitigasi yang dapat dilakukan.
c. Asesmen Diagnostik:
- Guru melakukan asesmen diagnostik untuk mengetahui preferensi gaya belajar peserta didik.
- hasilnya:
2. Kegiatan Inti
a. Mengorientasikan Siswa pada Masalah
- Guru memberikan skenario nyata mengenai kasus bencana alam yang terjadi di Indonesia dan mengajak siswa untuk memikirkan bagaimana cara mengurangi dampak bencana tersebut.
b. Mengorganisasi Siswa untuk Belajar
- Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok berdasarkan gaya belajar mereka:
- 2 Kelompok Visual: Bertugas membuat poster digital menggunakan Canva yang berisi langkah-langkah mitigasi bencana gempa bumi.
- 2 Kelompok Kinestetik: Melakukan simulasi mitigasi gempa bumi secara langsung di kelas, melibatkan cara berlindung dan evakuasi.
- 1 Kelompok Auditory: Menonton video kasus bencana alam di Indonesia dan mendiskusikan langkah-langkah mitigasi yang diterapkan.
c. Penyelidikan Mandiri dan Bimbingan Guru
- Kelompok Visual bekerja dengan Canva untuk merancang poster mitigasi gempa bumi. Poster harus menyajikan informasi yang lengkap dan menarik tentang cara menghadapi gempa bumi.
- Kelompok Kinestetik mempersiapkan simulasi mitigasi gempa bumi, di mana mereka harus mendemonstrasikan tindakan yang benar saat gempa terjadi.
- Kelompok Auditory menonton video tentang bencana alam dan melakukan diskusi kelompok untuk menganalisis langkah mitigasi yang diterapkan dalam video.
d. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil
- Guru mengarahkan perwakilan peserta didik untuk mengirimkan hasil kerja mereka melalui classroom yang selanjutnya akan dikoreksi bersama di depan kelas
e. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
- Guru bersama peserta didik mengevaluasi hasil kerja kelompok yang telah dilakukan.
- Kelompok Visual: Memaparkan poster digital yang telah mereka buat menggunakan Canva, menjelaskan poin-poin penting tentang mitigasi gempa bumi.
- Kelompok Kinestetik: Menunjukkan simulasi mitigasi bencana gempa bumi dengan memperagakan cara berlindung, evakuasi, dan langkah penyelamatan lainnya.
- Kelompok Auditory: Menyampaikan hasil analisis mereka berdasarkan video yang ditonton dan langkah mitigasi yang diterapkan dalam video tersebut.
- SIMULASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI OLEH KELOMPOK KINESTETIK
3. Penutup
a. Refleksi:
- Guru mengajak siswa untuk merefleksikan pembelajaran hari ini, menanyakan apa yang mereka pelajari tentang jenis-jenis bencana alam dan bagaimana cara mitigasinya.
- Siswa diminta untuk menghubungkan pembelajaran ini dengan kehidupan sehari-hari dan bagaimana mereka dapat menerapkan langkah mitigasi di lingkungan mereka sendiri.
- Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan pelajaran pada hari ini
b. Penugasan Tambahan:
- Siswa diminta untuk membuat laporan singkat atau infografis tentang langkah mitigasi bencana alam lainnya, seperti banjir atau tanah longsor, sebagai pekerjaan rumah.
VLOG INOVASI PEMBELAJARAN - PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2024
Reviewed by Nuriyana Eka Arsanti
on
05.55
Rating:
Tidak ada komentar: